Asuransi Melahirkan, Pentingnya dan Berbagai Jenisnya

Tidak banyak yang mengetahui jika perusahaan asuransi pun menawarkan dan memberikan pelayanan untuk nasabahnya terkait dengan kehamilan melalui produk asuransi melahirkan. Asuransi ini tidak berdiri sendiri, melainkan manfaat tambahan yang ada pada asuransi rawat inap yang digunakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

 


Nah, pada pembahasan kali ini akan membahas sedikit lebih jauh tentang asuransi ini. 

 

Mengenal Sekilas Asuransi Melahirkan

 

Asuransi dengan manfaat melahirkan ini sering juga disebut sebagai asuransi kehamilan atau asuransi persalinan. Produk asuransi akan menanggung biaya peserta mulai dari masa kehamilan serta persalinan. Manfaat dan juga bentuk perlindungan yang asuransi ini tawarkan adalah guna mengurangi beban biaya pesertanya seperti biaya pemeriksaan kehamilan, biaya medis ketika persalinan, ataupun tanggungan biaya medis karena musibah keguguran. Tidak hanya itu saja, asuransi ini juga bisa menanggung biaya pasca persalinan. Misalnya ketika Ibu atau anak membutuhkan perawatan khusus akibat adanya komplikasi setelah melahirkan.

 

Biasanya, asuransi ini mempunyai masa tunggu hingga sekitar 1 tahun atau 12 bulan. Artinya, nasabah harus menunggu sampai 12 bulan untuk dapat merasakan manfaat pertanggungan melahirkan. Akan tetapi, ada pula beberapa perusahaan yang memberikan pilihan produk manfaat asuransi ini tanpa ada masa tunggu sehingga pesertanya dapat merasakan manfaat pertanggungan tanpa perlu menunggu hingga 12 bulan. 

 

Macam-Macam Manfaat dari Asuransi Khusus Melahirkan

 

       Perawatan untuk Sebelum serta Sesudah Melahirkan

Dengan mempunyai asuransi kehamilan atau melahirkan ini, biaya untuk perawatan sebelum serta sesudah melahirkan yang dapat dikatakan jumlahnya tidak sedikit pun akan ditanggung. Di masa kehamilan, ibu hamil memang harus untuk mengontrol kehamilan ke dokter kandungan paling tidak 11 kali dalam sembilan bulan. Selain biaya untuk konsultasi dan USG, ibu hamil pun biasanya akan mengonsumsi suplemen untuk kesehatan diri serta bayinya. Biaya-biaya tersebutlah yang akan ditanggung pada asuransi khusus melahirkan. 

 

       Tanggungan untuk Berbagai Macam Risiko

Tidak hanya akan menanggung biaya persalinan normal ataupun Caesar, asuransi ini pun akan menanggung berbagai risiko lain yang mungkin saja terjadi pada ibu serta bayinya. Misalnya komplikasi ketika bersalin, adanya kelainan, perawatan inkubator dan kemungkinan bayi meninggal. 

 

       Fasilitas yang Lebih Memadai

Pihak perusahaan asuransi khusus untuk melahirkan biasanya akan menyediakan fasilitas-fasilitas yang lebih memadai guna menunjang proses persalinan. Adapun jenis fasilitas yang bisa untuk didapatkan akan tergantung pada kelas-kelas persalinan. Kelas persalinan semakin tinggi, maka fasilitas tambahan yang dapat dinikmati oleh peserta akan semakin banyak. 

 

Nah, cukup sampai di sini pembahasan singkat mengenai asuransi melahirkan. Dengan memiliki asuransi khusus melahirkan ini Anda bisa lebih tenang ketika menghadapi persalinan karena tidak terlalu memikirkan biayanya yang tidak sedikit. 

Tidak ada komentar