3 Cara Ampuh Cegah Mobil Berkarat, Wajib Dicoba!

Punya mobil yang kinclong serta oke luar-dalam tentu keinginan semua orang. Tidak heran bila para pemilik kendaraan, termasuk Anda, akan selalu menjaga dan merawat mobil pribadinya supaya selalu dalam keadaan prima. Nah, supaya kendaraan yang baru Anda beli dari situs jual mobil bekas yang bagus senantiasa terbebas dari karat, cobalah terapkan 3 tips ampuh berikut!



Cara Mudah Cegah Karat di Mobil


1.      Mencuci mobil secara teratur.


Rupanya, mencuci mobil secara rutin sesuai dengan kondisi dan frekuensi pemakaian kendaraan dapat mencegah karat pada mobil. Sebab, aktivitas ini akan menghilangkan kotoran serta debu yang menempel pada bodi mobil selepas kendaraan Anda pakai. Di samping itu, segera pula cuci mobil setelah kehujanan, mengingat air hujan mengandung kotoran dan asam yang bisa menyebabkan karat dan keropos pada bodi kendaraan.


Jika Anda memilih mencuci mobil di tempat cuci kendaraan, pastikan Anda pilih yang benar-benar bagus dan petugasnya memang membersihkan semua bagian mobil dari atas sampai kolong. Soalnya, bagian kolong mobil adalah yang paling rentan berkarat.


Apabila Anda lebih memilih untuk mencuci di rumah, cucilah mobil di tempat yang beratap seperti garasi. Jangan mencuci mobil langsung di bawah terik sinar matahari dan usahakan untuk tidak mencuci di bawah pohon. Pakailah alat cuci mobil yang memadai dan pastikan pula bahwa air yang digunakan adalah air yang layak. 


2.      Lakukan body repair.


Body repair atau perbaikan bodi mobil perlu Anda lakukan tanpa harus menunggu kerusakan bodi yang parah dulu. Justru ketika baret masih minim, Anda perlu segera melakukan body repair, lho! Soalnya, baret seminim apa pun bisa jadi jalan masuk terbentuknya karat maupun keropos. Pasalnya, bodi mobil yang kena baret tersebut jelas sudah kehilangan lapisan perlindungan di atasnya.


3.      Gunakan lapisan antikarat.


Pada mobil-mobil keluaran baru, bodinya tentu sudah diberi lapisan antikarat. Akan tetapi, seiring dengan penggunaan sehari-hari, lapisan antikarat tersebut dapat terkikis. Sementara bagi Anda yang membeli mobil bekas, tentu bukannya mustahil bahwa lapisan antikarat pada mobil sudah tidak lagi optimal. Oleh karena itu, aplikasikan lapisan antikarat pada bodi dan beberapa bagian mobil lainnya setiap tahun untuk mencegah timbulnya karat. Apalagi, kemunculan karat tidak bisa diantisipasi.


Bagaimana, ternyata cara mencegah mobil berkarat sebenarnya sangat mudah, kan? Semoga tips dan trik dalam artikel ini berguna untuk Anda, ya!

Tidak ada komentar