Inovasi Fintech dan Manfaatnya untuk Industri Asuransi

Beberapa tahun silam fintech dan asuransi adalah dua hal yang berbeda, namun kini adalah istilah baru yaitu asuransi fintech online. Menurut informasi dari situs berita online keuangan.kontan.co.id, fintech sedang sangat populer di kalangan perusahaan asuransi Indonesia untuk mengembangkan 'sayapnya'.

 


Bahkan menurut OJK, fintech memang sangat signifikan dalam membantu industri asuransi untuk menjangkau lebih banyak target pasar termasuk ke kalangan paling bawah. Hal ini karena fintech memiliki basis data yang besar dan menggunakan teknologi telekomunikasi yang didominasi oleh generasi millenial.

 

Inovasi Fintech di Bidang Asuransi

Financial technology atau biasa disingkat fintech telah membentuk penyediaan layanan keuangan baru dan menciptakan peluang baru sekaligus menghadirkan tantangan bagi industri asuransi serta pengawas keuangan.

 

Inovasi dari Fintech sendiri mengacu pada model bisnis inovatif dan keberagaman teknologi yang berpotensi mentransformasi bisnis asuransi. Dalam bidang asuransi, inovasi fintech yang paling relevan adalah seperti berikut:

§  Model bisnis: asuransi berbasis penggunaan, sistem peer-to-peer, dan on-demand.

§  Teknologi yang muncul: Internet of Things, platform digital, data analytics, telematika, big data, comparator, machine learning, robo advisors, kecerdasan buatan (AI), dan teknologi buku besar terdistribusi termasuk blockchain dan smart contract.

§   

Manfaat Fintech untuk Industri Asuransi

Ekspektasi nasabah dan perkembangan teknologi yang terus berubah merupakan pendorong utama dari inovasi di industri asuransi yang akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan fintech online.

Dengan kata lain, inovasi fintech dalam daftar di atas tadi berpotensi memberikan berbagai manfaat bagi industri asuransi, khususnya dalam hal pengurangan biaya, peningkatan efisiensi, peningkatan penilaian risiko, inklusi keuangan yang lebih besar, dan pengalaman pelanggan yang unggul.

 

Jika ditulis lebih detail, maka manfaat fintech untuk industri asuransi dikutip dari situs money.id adalah sebagai berikut:

§  Industri asuransi lebih cepat dan mudah untuk berkembang.

§  Industri asuransi memperoleh berbagai informasi nasabah, laporan / proses klaim, serta pembayaran premi dengan lebih mudah lewat fintech online.

§  Fintech online yang serba digital bisa merambah berbagai kalangan dan di berbagai daerah mulai dari perkotaan hingga desa-desa.

§  Fintech yang serba digital membuat masyarakat lebih mudah dalam memperoleh informasi mengenai asuransi dan pemahaman akan betapa pentingnya asuransi lebih cepat didapat.

§  Masyarakat bisa dengan mudah memilih dan membeli berbagai jenis produk asuransi melalui platform fintech online.

§  Berbagai produk asuransi dalam fintech online di tampilan dalam satu layar dengan user interface yang biasanya menarik, modern, dan kekinian.

§  Data dan / atau informasi pribadi dari nasabah asuransi terjamin keamanannya dengan sistem teknologi yang modern dan canggih serta lebih mudah untuk diakses oleh pengelola perusahaan asuransi.


Berdasarkan seluruh daftar dan informasi di atas, dapat ditarik garis bahwa pada akhirnya fintech online telah membuat industri asuransi bisa memperoleh jumlah nasabah yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat namun dengan biaya lebih minim dan dengan usaha yang lebih sedikit pula.

Tidak ada komentar