Dari Jamur hingga Flexitarian, Ini Tren Makanan Sehat untuk 2022

Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang buat menyambut tahun baru. Sebut saja merombak kamar, mencari hobi atau minat, hingga make over penampilan. Khusus untuk proteksi diri, Anda bisa andalkan asuransi kesehatan Individu My Protection. Pasalnya dengan asuransi ini, Anda bisa memperoleh layanan seperti layanan rawat inap dan jalan sampai klaim secara cashless.




Sementara di bidang kuliner, makanan sehat diprediksi akan semakin diminati masyarakat. Seperti apa perkiraannya? Simak penjelasannya berikut ini!


Prediksi tren makanan sehat untuk tahun 2022


Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood – Grab Indonesia, menuturkan prediksi tren makanan pada 2022. Pandemi yang berlangsung selama dua tahun rupanya telah mendorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat. Hadi mengatakan, survei yang dilakukan NielsenIQ dan Grab yang melibatkan lebih dari 13 ribu responden menemukan hasil bahwa 7 dari 10 orang di Indonesia ingin menyantap makanan sehat secara teratur.


Masih dari survei yang sama, sekitar 70% responden rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan makanan sehat yang dicari. Beberapa di antaranya adalah makanan kukus, roti, sup, jus, hingga salad. Dari Health US News dan MSNBC, berikut adalah tren pola makan sehat yang bakal booming sepanjang 2022.


  • Meningkatnya pemakaian jamur

Tren makanan sehat turut meningkatkan penggunaan jamur, baik sebagai bahan sampingan atau bahan pokok. Jamur sendiri sudah lama dimanfaatkan sebagai pengganti daging karena mempunyai tekstur serupa. Sejumlah chef juga berkreasi dengan jamur, misalnya dengan mengganti patty pada hamburger dengan jamur portabello yang tak kalah juicy.


  • Kuliner Asia yang semakin digemari

Budaya pop dari beberapa negara Asia berhasil membantu memperkenalkan kuliner khasnya di Eropa hingga Amerika. Makanan-makanan berempah dari Asia Tenggara dan Asia Selatan pun kian digemari, termasuk teknik masaknya yang mencakup rebus, kukus, dan tumis yang dianggap lebih menyehatkan dari bakar dan panggang.


  • Makanan peningkat imunitas

Walau program vaksinasi sudah berjalan, masyarakat masih dianjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan mengingat Covid-19 belum hilang sepenuhnya. Lantas untuk menjaga imunitas tubuh, sebagian besar orang mulai mencari makanan yang dapat meningkatkan daya tahannya. Antara lain kacang-kacangan, aneka buah berry, buah citrus, dan sayuran hijau.


  • Munculnya pola makan flexitarian

Perdebatan antara pola makan vegan dan non-vegan sepertinya akan menemukan titik tengah pada 2022. Pola makan vegan belakangan dikritik karena menimbulkan efek samping akibat kurangnya asupan protein hewani, sementara non-vegan mulai menyadari bahwa konsumsi daging berlebih akan membahayakan kesehatan. Fleksitarian lantas muncul sebagai pola makan di antara keduanya.


Susu nabati dan tumbuhan laut adalah makanan-makan sehat lain yang diprediksi akan semakin populer pada 2022. Jadi, sudah siapkah Anda menjalankan hidup sehat?

Tidak ada komentar