Mengenal Amartha Fintech P2P Indonesia yang Bantu UMKM

Amartha  Fintech P2P Indonesia  berhasil menyalurkan 6,09 triliun rupiah kepada 1.025.235 pemiliki UMKM. Hal tersebut dilakukan dalam pemberdayaan pelaku UMKM di berbagai pelosok desa seluruh wilayah Indonesia. Amartha  menyadari bahwa penerapan model bisnis P2P lending ini tidak hanya berdampak pada aspek ekonomi konsumen saja, tapi juga kepada seluruh komunitas.

 


Untuk itu, Amartha  berusaha terus untuk dapat berkolaborasi atau bekerjasama dengan berbagai bidang yang dapat ikut mendukung jalannya pembangunan perekonomian desa yang berkelanjutan sehingga dapat terwujud keseimbangan antara pengembangan manusia, lingkungan, dan kesejahteraan. Karena SDG hanya dapat tercapai apabila seluruh pihak ikut berkontribusi.

Kolaborasi Amartha dengan Berbagai Pihak

Kegiatan kolaborasi yang dilakukan oleh Amartha diharapkan dapat menjadikan CEO UMKM tidak hanya mampu mengelola keuangan pribadinya saja, namun juga keuangan usahanya. Berikut ini beberapa kolaborasi yang dilakukan oleh Amartha dengan berbagai pihak untuk mencapai keberhasilan.

 

  1. Kolaborasi Amartha  dengan pemerintah

Untuk dapat mencakup seluruh perempuan yang ada di pelosok desa di wilayah Indonesia, Amartha  berkolaborasi dengan pemerintah baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah yang memiliki visi misi sama dalam membantu perempuan desa untuk berkontribusi membangun perekonomian daerah.

 

Hal ini penting dilakukan untuk membuka sejuta peluang bagi UMKM. Sejauh ini Amartha  sudah berhasil bekerjasama dengan pemerintah daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Kerjasama tersebut menghasilkan modul bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berwirausahanya, sehingga mitra Amartha  dapat memiliki kemampuan untuk menjadi penggerak roda ekonomi.

 

  1. Kolaborasi Amartha  dengan perusahaan multinasional

Tidak hanya bekerjasama dengan pemerintah, Amartha  juga menggandeng organisasi nirlaba. Amartha  berhasil bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan multinasional. Dari kolaborasi tersebut, berhasil membangun sanitasi air bersih, melakukan cek kesehatan dan lainnya.

 

Contohnya, kolaborasi antara Amartha  dengan unilever yang bertujuan mendorong 80.000 perempuan Indonesia untuk lebih berdaya saing. Dengan susunan rangkaian yang berjudul “Rahasia Usaha Lebih Cepat Dan Lebih Untung”.

 

Dimana rangkaian ini dibagi dalam empat sesi yang mengajarkan mitra Amartha  untuk mendapat inspirasi usaha, memiliki perencanaan keuangan usaha, mengetahui jalur penjualannya hingga dapat menerapkan kebersihan dan juga kerapihan dalam berusaha.  Berikut beberapa daftar kolaborasi Amartha  dengan partner perusahaan multinasional.


a.     Amartha dengan Norfound

Amartha  dengan Norfound yang merupakan dana investasi Norwegian untuk negara berkembang, yang memiliki misi menciptakan lapangan ekerjaan dan meningkatkan kehidupan dengan berinvestasi dalam bisnis yang mendorong pembangunan berkelanjutan.

 

Pendanaan yang diinvestasikan senilai USD 7,5 juta atau setara dengan Rp. 107 miliar yang akan disalurkan Amartha  sebagai modal usaha untuk pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pelosok desa dan mendorong kegiatan yang ramah lingkungan.

 

b.    Amartha dengan BPR Pujon

Amartha  dengan BPR Pujon, yakni bank perkreditan rakyat pujon jaya makmur merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah dimana dalam pelaksanaannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

 

BPR Pujon menyalurkan 3 miliar rupiah untuk ikut serta dalam memberdayakan perempuan pelaku UKM pelosok desa khususnya wilayah pedesaan jawa timur.

 

Sementara untuk masyarakat yang tertarik berkolaborasi untuk mendanai mitra Amartha  bisa daftar dengan mulai dari 100 ribu rupiah.

 

  1. Kolaborasi Amartha  Fintech P2P Indonesia   dengan organisasi internasional

Kerjasama yang gencar dilakukan Amartha  tidak hanya sebatas di lingkup teritorial negara saja. Hal ini dibuktikan dengan perolehan kerjasama yang berhasil dilakukan Amartha  dengan organisasi lintas negara lainnya. Seperti, UNCDP, UN Women, dan World Bank.

 

Dimana oraginisasi-organisasi ini menyalurkan dana grant yang akhirnya dikelola menjadi modul pembelajaran dan bantuan pemberdayaan perempuan.

 

Baru-baru ini dengan mendapat dukungan dari UNCDP Amartha  berhasil meluncurkan pelatihan manajemen keuangan dasar secara rutin.


Tertarik berkolaborasi dengan Amartha? Siapkan 100 ribu rupiah saja maka Anda sudah ikut serta bergabung untuk mendorong kemajuan perekonomian di Indonesia. Ketahui manfaat lain saat bergabung menjadi  mitra Amartha dengan membaca link berikut https://amartha.com.

Tidak ada komentar